Ternyata, Pistol Properti yang Ditembakkan Alec Baldwin Berisi Peluru Tajam

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 11:57 WIB
FILE - In this Sept. 21, 2015 file photo, actor Alec Baldwin attends a news conference at United Nations headquarters. A prop firearm discharged by veteran actor Alec Baldwin, who is starring and producing a Western movie, killed his director of photography and injured the director Thursday, Oct. 21, 2021 at the movie set outside Santa Fe, N.M., the Santa Fe County Sheriffs Office said. (AP Photo/Seth Wenig, File)
Alec Baldwin (AP Photo/Seth Wenig, File)

Disebutkan dokumen tersebut bahwa Halls, selaku asisten sutradara, mengambil salah satu senjata api properti dari keranjang itu dan membawanya ke dalam bangunan kayu, lalu menyerahkannya kepada Baldwin.

Saat menerima senjata api properti itu dari Halls, menurut dokumen tersebut, Baldwin tidak mengetahui bahwa ada peluru tajam di dalamnya.

Tidak diketahui secara jelas ada berapa banyak peluru yang ditembakkan dalam insiden itu. Gutierrez disebut langsung melepaskan shell casing dari senjata api properti itu setelah syuting dan menyerahkannya kepada polisi yang tiba di lokasi.

Halls belum memberikan komentarnya terkait insiden ini. Demikian juga dengan Gutierrez.

Sementara Baldwin menyebut penembakan maut itu sebagai 'insiden tragis'.

"Tidak ada kata-kata yang bisa disampaikan untuk menggambarkan kekagetan dan kesedihan saya atas insiden tragis yang merenggut nyawa Halyna Hutchins, seorang istri, seorang ibu dan kolega yang sangat kami kagumi. Saya bekerja sama penuh dengan penyelidikan polisi," ucapnya via Twitter.

Produksi film itu langsung dihentikan usai insiden terjadi. Sementara Baldwin dengan sukarela memberikan keterangan kepada pihak berwenang soal insiden ini.

Kantor Sheriff setempat menyatakan belum ada dakwaan yang dijeratkan terkait insiden ini. Juru bicara kantor Sheriff Santa Fe, Juan Rios, menyatakan bahwa Baldwin masih diperbolehkan bepergian untuk saat ini. "Dia pria bebas," sebutnya.


(nvc/idh)