Ledakan Gas Guncang China, 3 Orang Tewas dan Puluhan Luka

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 13:10 WIB
Ledakan tabung gas meluluhlantakkan rumah milik Rani Rohani (45) di Kampung Ciseupan, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Begini penampakannya.
ilustrasi (Foto: Yudha Maulana)
Jakarta -

Ledakan gas di sebuah restoran mengguncang jalanan yang sibuk di salah satu kota besar di China utara pada hari Kamis (21/10). Sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden itu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (21/10/2021), sebuah rekaman dramatis dari dasbor mobil sekitar, yang dibagikan oleh media pemerintah People's Daily di media sosial, menunjukkan kepulan asap membubung, debu memenuhi jalanan dan orang-orang berlarian ke tempat yang aman. Televisi pemerintah, CCTV juga menayangkan gambar yang menunjukkan jendela-jendela terlepas dari beberapa bangunan yang dilapisi debu dan puing-puing di Shenyang, ibu kota provinsi Liaoning di China utara.

Tim penyelamat menemukan tiga orang tewas dan lebih dari 30 orang terluka, sementara penyebab ledakan masih diselidiki. Ambulans dan mobil pemadam kebakaran berjajar di jalan setelah ledakan saat para petugas penyelamat menarik mobil-mobil yang hancur dan sebuah bus yang hancur.

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa ledakan tersebut terjadi pada Kamis pagi waktu setempat, tepatnya di jalan perumahan kawasan pebisnis. Upaya penyelamatan masih berlangsung.

Penyelidik "sementara menentukan bahwa ledakan tersebut terjadi di dalam sebuah bangunan komersial dan perumahan," kata otoritas tanggap darurat Liaoning dalam sebuah unggahan di media sosial.

Beberapa foto yang diterbitkan oleh layanan darurat Liaoning menunjukkan para petugas penyelamat dikelilingi serpihan.

Orang-orang yang lewat dan terkejut terlihat mengibaskan pecahan kaca dan serpihan dari pakaian mereka.