Gunung Aso di Jepang Erupsi, Semburkan Awan Panas Ribuan Meter

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 16:59 WIB
In this image taken by a surveillance camera released by Japan Meteorological Agency, smokes rise from the No. 1 Nakadake crater of Mr. Aso after its eruption, observed from Kusasenri, southwestern Japan, Wednesday, Oct. 20, 2021. The eruption occurred at 11:43 a.m., according to the agency. (Japan Meteorological Agency via AP)
Momen saat Gunung Aso di Jepang erupsi (Japan Meteorological Agency via AP)
Tokyo -

Gunung Aso di Jepang dilaporkan erupsi hingga memuntahkan awan panas setinggi ribuan meter ke udara. Orang-orang diminta untuk menjauhi gunung api tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (20/10/2021), belum ada laporan korban luka usai erupsi terjadi pada Rabu (20/10) pagi waktu setempat di wilayah Jepang bagian barat daya ini. Erupsi tersebut diwarnai semburan bebatuan yang beterbangan secara dramatis dalam rekaman CCTV di dekat lokasi.

Orang-orang diperingatkan untuk tidak mendekati gunung api tersebut, karena mengeluarkan gas dan awan panas setinggi 3.500 meter ke udara dan memuntahkan bebatuan yang berjatuhan di lereng gunung.

Otoritas setempat menyatakan tengah memeriksa apakah ada pendaki yang terjebak atau terluka. Tayangan televisi setempat menunjukkan puluhan kendaraan dan bus pariwisata masih diparkir di museum dekat gunung tersebut.

Semburan awan panas warna abu-abu pekat terlihat menuruni lereng Gunung Aso menuju ke arah museum, namun tidak mencapai lokasi.

"Nyawa manusia adalah prioritas kami dan kami bekerja dengan Angkatan Bersenjata Jepang, polisi dan petugas pemadam untuk menangani situasi secara efektif," ucap Kepala Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno, kepada wartawan setempat.