46 Orang Tewas dalam Kebakaran Gedung 13 Lantai di Taiwan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 07:59 WIB
In this image taken from video by Taiwans EBC, firefighters shoot water into a building that caught fire in Kaohsiung, in southern Taiwan on Thursday, Oct. 14, 2021. The fire engulfed a 13-story building overnight in southern Taiwan, the islands semi-official Central News Agency reported Thursday. (EBC via AP )
kebakaran gedung di Taiwan menewaskan 46 orang (Foto: AP/Anonymous)

Warga melaporkan mendengar sejumlah suara keras ketika api pertama kali berkobar di lantai bawah.

"Saya mendengar banyak ledakan keras -- 'bang, bang, bang' -- di lantai dasar dan turun untuk menyelidiki," kata seorang pria tak dikenal yang tinggal di gedung itu kepada Formosa TV.

"Saat itulah saya menyadari ada kebakaran dan menelepon polisi," tambahnya.

Seorang polisi di departemen kepolisian Kaohsiung mengatakan kepada AFP bahwa bangunan itu berusia 40 tahun dan sebagian besar ditempati oleh penduduk berpenghasilan rendah.

Korban selamat memperkirakan sekitar 100 orang tinggal di blok apartemen. Belum diketahui penyebab kebakaran ini. Polisi mengatakan bahwa mereka tidak mengesampingkan kemungkinan aksi pembakaran dalam peristiwa ini.

Kebakaran itu tampaknya menjadi yang paling mematikan di Taiwan selama bertahun-tahun. Kebakaran terakhir dengan skala yang sama terjadi pada tahun 1995, ketika 64 orang tewas di dalam klub karaoke yang penuh sesak.


(ita/ita)