PM Baru Israel Akan Bertemu Putin untuk Pertama Kali, Bahas Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 15:09 WIB
Israels new prime minister Naftali Bennett holds a first cabinet meeting in Jerusalem Sunday, June 13, 2021. Israels parliament has voted in favor of a new coalition government, formally ending Prime Minister Benjamin Netanyahus historic 12-year rule. Naftali Bennett, a former ally of Netanyahu became the new prime minister (AP Photo/Ariel Schalit)
PM Israel, Naftali Bennett (dok. AP/Ariel Schalit)
Tel Aviv -

Perdana Menteri (PM) Israel, Naftali Bennett, untuk pertama kalinya akan bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin. Isu Iran disebut akan menjadi pembahasan utama kedua pemimpin.

Seperti dilansir Arab News, Rabu (13/10/2021), Bennett akan mengunjungi kota resor tepi pantai Sochi, Rusia, pada 22 Oktober mendatang dan bertemu Putin.

Dalam pertemuan itu, keduanya dilaporkan akan membahas isu politik, keamanan, dan ekonomi, termasuk soal program nuklir Iran.

Israel dan Rusia diketahui telah sejak lama membuka pintu diplomatik mereka. Pendahulu Bennett, Benjamin Netanyahu, diketahui beberapa kali bertemu Putin.

Kedua negara mengoperasikan hotline militer untuk mengkoordinasikan operasi Angkatan Udara masing-masing di wilayah Suriah demi menghindari bentrokan.

Israel kerap melancarkan serangan udara terhadap target-target terkait Iran di Suriah, sedangkan Rusia memberikan dukungan militer untuk pemerintah Suriah.

Rusia juga menjadi salah satu pihak yang merundingkan kesepakatan nuklir tahun 2015 dengan Iran. Kesepakatan itu berantakan setelah mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menarik AS dari kesepakatan itu tahun 2018 lalu.

Namun pemerintahan baru AS di bawah Presiden Joe Biden berupaya membangkitkan kembali kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara kekuatan internasional lainnya. Israel menentang keras langkah AS tersebut.

(nvc/ita)