3 Orang Ditahan Usai Ribuan Dosis Vaksin Corona Dibuang di Mesir

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 04:32 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch)
Kairo -

Jaksa penuntut umum Mesir memerintahkan penangkapan terhadap 3 orang. Perintah itu dikeluarkan setelah ribuan vaksin COVID-19 yang tidak terpakai ditemukan dibuang di sepanjang saluran air.

Dilansir Reuters, Senin (11/10/2021) disebutkan bahwa vaksin telah dialokasikan ke direktorat kesehatan di kota Minya, sekitar 220 km (137 mil) selatan Kairo. Di mana 18.400 paket vaksin dengan nilai lebih dari 5 juta pound Mesir ($319.000) ditemukan hilang.

Dalam pernyataan penuntutan itu disebutkan bahwa sebuah inventaris menemukan hampir 5.000 paket lagi telah hilang dari depot karena penyimpanan pada suhu yang tidak tepat. Itu tidak memberikan jumlah dosis atau jenis vaksin, tetapi pernyataan resmi sebelumnya mengatakan itu dibuat oleh Sinopharm China.

Foto yang diposting di media sosial menunjukkan tumpukan kotak putih berserakan di sepanjang tepi saluran air di provinsi Bani Mazar, utara kota Minya.

Jaksa mengatakan vaksin yang dibuang itu, dilaporkan hilang setelah diberikan oleh apoteker yang berwenang kepada pengemudi kendaraan Kementerian Kesehatan untuk dikirim ke direktorat Minya.

Investigasi awal menyatakan apoteker dan seorang pejabat di depot direktorat bertanggung jawab atas kelalaian berat. Mereka diperintahkan ditahan untuk penyelidikan bersama dengan pengemudi setelah memberikan keterangan yang bertentangan.

Mesir menargetkan untuk memvaksinasi 40 juta penduduknya dari total populasi lebih dari 100 juta jiwa, pada akhir tahun ini. Tetapi di sisi lain, Mesir telah berjuang untuk meningkatkan capaian vaksinasi di tengah keterlambatan pasokan dan beberapa keraguan vaksin.

Lihat Video: Mesir Bersiap Produksi Vaksin Covid-19 di Akhir November

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)