Garda Revolusi Iran Klaim Cegat Kapal Militer AS di Teluk Persia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 10:23 WIB
Bendera Iran dan AS
Ilustrasi (dok. Reuters)
Teheran -

Media nasional Iran melaporkan bahwa sejumlah kapal cepat milik Garda Revolusi Iran mencegat sebuah kapal militer milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di perairan Teluk Persia. Angkatan Laut AS menyangkal adanya interaksi semacam itu dengan Iran dalam beberapa hari terakhir.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Jumat (8/10/2021), televisi nasional Iran pada Kamis (7/10) menayangkan rekaman video yang disebut direkam dari salah satu kapal cepat milik Garda Revolusi Iran.

Video itu menunjukkan setidaknya satu kapal dengan bendera AS dan beberapa personel di atasnya, sedang dikejar oleh dua kapal cepat yang disebut milik Garda Revolusi Iran. Sebuah kapal non Iran lainnya yang tampak dalam video tidak teridentifikasi.

"Gambar-gambar ini menunjukkan kekuatan dan kendali penuh di hadapan pasukan Amerika dan asing di Teluk Persia," demikian laporan televisi Iran pada Kamis (7/10) waktu setempat.

Laporan itu tidak menyebutkan waktu dan tempat yang pasti saat insiden itu terjadi. Suara yang terdengar dalam rekaman video itu berbicara bahasa Farsi: "Terus kejar mereka."

Juru bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain, Letnan Komandan Timothy Hawkins, menegaskan dirinya tidak menyadari adanya interaksi tidak aman semacam itu dengan Iran dalam dua hari terakhir.

"Tidak ada interaksi yang tidak aman atau tidak profesional yang melibatkan Angkatan Laut AS dalam 48 jam terakhir," tegas Hawkins.

Simak juga 'Pertemuan Armenia-Iran di Tengah Panasnya Hubungan dengan Azerbaijan':

[Gambas:Video 20detik]