WHO Kirimkan Pasokan Medis COVID-19 ke Korea Utara

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 13:08 WIB
Corona Viruses against Dark Background
ilustrasi (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang berupaya mengirimkan pasokan medis COVID-19 ke Korea Utara (Korut), pertanda negeri komunis itu melonggarkan penutupan perbatasan terkait pandemi Corona untuk menerima bantuan dari luar.

Seperti dilansir Associated Press dan Channel News Asia, Kamis (7/10/2021), WHO menyatakan dalam laporan pemantauan mingguannya, pihaknya telah memulai pengiriman pasokan medis COVID-19 melalui Pelabuhan Dalian, China untuk penyimpanan dan kemudian dikirimkan ke Korea Utara.

Namun, pejabat-pejabat WHO tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai pasokan apa yang diberikan dan apakah pasokan sudah sampai di Korea Utara.

Menggambarkan kampanye anti-virusnya sebagai masalah "keberadaan nasional", Korea Utara memberlakukan peraturan ketat seperti membatasi lalu lintas dan perdagangan lintas batas selama dua tahun terakhir, meski ada tekanan pada ekonomi yang lesu.

Penyelidik hak asasi manusia PBB Agustus lalu telah meminta pemerintah Korea Utara untuk mengklarifkasi tuduhan bahwa otoritas Korut memerintahkan pasukan untuk menembak di tempat setiap pelanggar yang melintasi perbatasan karena telah melanggar peraturan penutupan pandemi.

Sementara negara tersebut belum melaporkan satu kasus COVID-19, para ahli meragukan pernyataan tersebut karena hampir setiap negara lain di dunia tengah menghadapi penyebaran virus Corona.

Korea Utara mengatakan kepada WHO bahwa mereka telah melakukan tes COVID-19 pada 40.700 orang hingga 23 September dan hasilnya negatif.

Menurut laporan WHO, mereka yang dites Corona pada minggu lalu dilaporkan termasuk 94 orang dengan penyakit seperti influenza atau gejala lain dan 573 petugas kesehatan.

(ita/ita)