Wapres Filipina, Musuh Bebuyutan Duterte Umumkan Maju Pilpres

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 12:21 WIB
wapres filipina
Wapres Filipina Leni Robredo (Foto: AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Filipina, Leni Robredo, yang merupakan musuh bebuyutan Presiden Rodrigo Duterte, hari ini mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai presiden. Wanita berumur 56 tahun tersebut menjadi kandidat oposisi terkemuka yang mencalonkan diri untuk pemilihan presiden (pilpres) Filipina tahun 2022 mendatang.

Robredo telah didesak oleh para pendukungnya dan kelompok-kelompok oposisi untuk maju dalam pemilihan presiden Filipina. Namun, dalam sejumlah polling dia berada jauh di belakang kandidat-kandidat unggulan.

"Saya akan berjuang, kami akan berjuang," tegas Robredo saat mengumumkan pencalonan dirinya, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (7/10/2021).

"Kami akan mengalahkan gaya politik yang kuno dan busuk," imbuhnya.

Sistem politik Filipina memungkinkan presiden dan wakil presiden dipilih secara terpisah. Robredo, pengacara HAM dan janda mantan menteri dalam negeri, kerap berseberangan dengan Duterte menyangkut berbagai isu. Dia juga mengkritik keras perang narkoba yang dicanangkan Duterte.

Ibu tiga anak itu mundur dari kabinet Duterte, kurang dari enam bulan setelah pelantikannya sebagai menteri perumahan, setelah seorang staf presiden mengatakan padanya bahwa dia dilarang mengikuti rapat-rapat kabinet.

Pencalonan Robredo ini diumumkan setelah salah satu rival lamanya, Ferdinand Marcos Jr, putra mendiang mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos mengatakan akan mencalonkan diri sebagai presiden.

Robredo mengalahkan Marcos Jr untuk posisi wakil presiden pada tahun 2016.

Sejauh ini, lebih dari 40 kandidat telah mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan umum yang akan digelar Mei 2022 mendatang, tetapi jumlahnya akan menyempit secara signifikan dalam beberapa bulan mendatang.

Tonton juga Video: Putra Mantan Diktator Filipina Calonkan Diri Jadi Presiden

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)