Drone Houthi Dicegat di Bandara Arab Saudi, 4 Orang Luka

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 10:45 WIB
A Saudi security officer walks past the Saudi Arabias Abha airport, after it was attacked by Yemens Houthi group in Abha, Saudi Arabia June 13, 2019. REUTERS/Faisal al Nasser
ilustrasi Bandara Abha (Foto: REUTERS/Faisal al Nasser)
Jakarta -

Empat orang terluka ringan setelah sebuah pesawat tak berawak atau drone kelompok Houthi dicegat di Bandara Internasional Abha di Arab Saudi selatan.

Seperti dilansir dari Arab News, Kamis (7/10/2021), dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh TV pemerintah Al-Ekhbariyah, Koalisi Arab menyatakan bahwa serpihan drone yang ditembak jatuh menghancurkan kaca beberapa fasad dan melukai beberapa pekerja di bandara.

Pesawat-pesawat tempur Saudi yang merespons secara cepat kemudian menghancurkan situs peluncuran pesawat tak berawak tersebut di provinsi Saada di barat laut Yaman.

TV Al-Ekhbariyah juga melaporkan bahwa lalu lintas navigasi di bandara sudah kembali normal setelah sempat dihentikan sementara.

Koalisi Arab menyalahkan kelompok pemberontak Houthi di Yaman atas serangan drone tersebut.

"Upaya Houthi untuk menargetkan warga sipil di bandara Abha selaku bandara sipil adalah kejahatan perang," demikian pernyataan Koalisi Arab seperti dikutip Al-Ekhbariyah.

Bandara Abha, bersama dengan kota tetangganya Khamis Mushayt, telah berulang kali menjadi target serangan drone dan rudal Houthi dalam beberapa tahun terakhir sejak Arab Saudi memimpin koalisi negara-negara Arab dalam membantu pemerintah sah Yaman memerangi Houthi yang didukung Iran.