Kabar Gembira! Sebagian Anak Perempuan Afghanistan Bisa Sekolah Lagi

Mutia Safira - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 12:24 WIB
Taliban izinkan perempuan di Afghanistan bersekolah. Namun ada sejumlah persyaratan yang diberikan, salah satunya ruang kelas akan dipisahkan berdasarkan gender
ilustrasi (Foto: AP Photo/Felipe Dana)
Jakarta -

Para pejabat Taliban dan guru-guru mengatakan bahwa anak-anak perempuan telah kembali ke beberapa sekolah menengah pertama (SMP) di sebuah provinsi di Afghanistan utara.

Namun, anak-anak perempuan secara umum masih dilarang bersekolah di sebagian besar wilayah Afghanistan.

"Anak-anak perempuan sekolah menengah akan kembali bersekolah di Khan Abad, Provinsi Kunduz", demikian cuitan juru bicara Taliban, Suhail Shaheen di Twitter, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (6/10/2021).

Shaheen telah dinominasikan untuk menjadi perwakilan tetap pemerintah baru Afghanistan untuk PBB.

Namun di Kabul, pejabat Kementerian Pendidikan Mohammad Abid mengatakan tidak ada perubahan kebijakan dari pemerintah pusat Taliban. "Sekolah-sekolah Menengah Atas (SMA)) masih ditutup untuk anak perempuan," ujarnya kepada AFP.

Taliban dikenal dengan kebijakan dalam negeri yang cenderung mengecualikan perempuan dewasa dan gadis dari pendidikan maupun pekerjaan. Taliban hanya mengizinkan perempuan untuk bersekolah hanya pada tingkat Sekolah Dasar.

Taliban mengatakan anak perempuan dapat kembali ke sekolah menengah setelah keamanan dan pemisahan gender yang ketat di bawah interpretasi tegas hukum syariah dapat dipastikan.

Dalam konferensi pers bulan lalu, Zabinullah Mujahid selaku juru bicara utama Taliban mengatakan bahwa pekerjaan "terkait masalah pendidikan dan pekerjaan perempuan dewasa dan anak-anak perempuan" masih berlanjut.

Dikatakannya bahwa sekolah-sekolah akan dibuka kembali sesegera mungkin.

"Dibutuhkan lebih banyak waktu... mengenai perlunya instruksi langkah-langkah penanganan pekerjaan mereka, layanan mereka dan pendidikan mereka karena sistem telah berubah dan sistem Islami diterapkan," tandasnya.

(ita/ita)