Eks Sekretaris Nazi Akan Diadili Atas Pembunuhan 10 Ribu Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 15:17 WIB
Kamp konsentrasi Auschwitz menjadi saksi bisu kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Nazi. Jutaan warga Yahudi diketahui masuk kamp itu di masa silam.
Ilustrasi (dok. Getty Images/Christoper Furlong)

Tanggung jawab yang biasanya dipegang wanita dalam sistem Nazi umumnya dianggap berada di luar ruang lingkup jaksa hingga putusan penting dijatuhkan tahun 2011, saat John Demjanjuk yang seorang penjaga kamp konsentrasi Nazi dinyatakan bersalah sebagai bagian dari mesin pembunuh Nazi.

Sejak saat itu, pengadilan telah menjatuhkan beberapa vonis bersalah dalam kasus serupa, tidak hanya untuk pembunuhan atau kekejaman yang terkait langsung dengan individu yang dituduh.

Persidangan kasus Furchner akan dimulai sehari sebelum peringatan 75 tahun berakhirnya persidangan Nuremberg, di mana para anggota terkemuka Nazi termasuk Hermann Goering dimintai pertanggungjawaban atas peran mereka dalam rezim tersebut.

Namun waktu hampir habis bagi para jaksa untuk membawa para mantan anggota SS, kelompok paramiliter Nazi yang mengawasi eksekusi massal, dan fungsionaris mereka, ke pengadilan dengan generasi era-perang mulai menghilang.

Sepekan setelah persidangan dimulai di Itzehoe, sidang terhadap seorang kakek berusia 100 tahun yang merupakan mantan penjaga kamp Nazi akan dimulai di Neuruppin, Brandenburg. Kakek itu dituduh menjadi kaki tangan dalam pembunuhan lebih dari 3.500 orang.

Para jaksa Jerman masih menangani sembilan kasus lainnya, sedangkan lembaga yang bertanggung jawab menyelidiki tindak kejahatan Nazi tengah memeriksa tujuh kasus lainnya.


(nvc/ita)