Macron Sudah 2 Kali Dilempar Telur, Pernah Ditampar Saat Menyapa Warga

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 11:00 WIB
Paris -

Insiden penyerangan di depan umum yang dialami Presiden Prancis, Emmanuel Macron, awal pekan ini bukanlah yang pertama. Pada Juni lalu, Macron ditampar seorang pria saat menyapa warga dalam kunjungan ke desa Tain l'Hermitage, Prancis bagian tenggara.

Laporan kantor berita AFP pada 9 Juni lalu menyebut bahwa video yang beredar luas di media sosial menunjukkan momen saat Macron mendekati kerumunan warga yang dipisahkan pagar pembatas untuk menjabat tangan mereka.

Namun saat dia menyapa seorang pria berkaos hijau, tiba-tiba pria itu menampar wajahnya dengan keras. Pengawal kepresidenan yang berada di samping dan belakang Macron dengan cepat mengamankan pria itu dan menarik badan Macron menjauhi pria itu.

Saat penamparan terjadi, para pengawal kepresidenan berada di dekat Marcon. Salah satu pengawal yang berdiri di belakang Macron sempat mengangkat tangan untuk melindunginya, namun dia terlambat sepersekian detik untuk menghentikan tamparan itu. Pengawal itu lantas memeluk Macron untuk melindunginya.

Macron tampak memalingkan wajahnya saat tangan kanan pria itu mengenai wajahnya, sehingga lebih terlihat dia menerima pukulan daripada tamparan langsung.

Pelaku penyerangan yang kemudian diidentifikasi bernama Damien Tarel (28) langsung ditangkap dan didakwa atas penyerangan tokoh publik.

Tarel yang berambut gondrong dan menggemari sejarah abad pertengahan ini menuturkan kepada penyidik bahwa dirinya 'bertindak secara naluriah dan tanpa berpikir' setelah menunggu Macron di luar sebuah sekolah yang dikunjunginya di kota kecil Tain-l'Hermitage.