Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik, Jatuh ke Lautan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 09:03 WIB
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan sebuah 'proyektil tak teridentifikasi' yang jatuh ke lautan. Proyektil itu diduga kuat sebagai rudal balistik.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (28/9/2021), aktivitas balistik terbaru Korut itu dilaporkan oleh dua negara tetangganya, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Laporan Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel menyebut sebuah 'proyektil tak teridentifikasi' ditembakkan dari sebuah lokasi pedalaman di Korut menuju ke arah Laut Timur pada Selasa (28/9) pagi waktu setempat.

Otoritas intelijen Korsel dan Amerika Serikat (AS) tengah menganalisis detail soal peluncuran rudal dari Korut tersebut.

Secara terpisah, Perdana Menteri (PM) Jepang, Yoshihide Suga, menyebut Korut baru saja menembakkan 'apa yang diduga sebagai rudal balistik'. PM Suga menyatakan pemerintahannya meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan sembari menganalisis informasi detail soal aktivitas peluncuran tersebut.

Kurang dari satu jam usai laporan disampaikan Korsel dan Jepang, Duta Besar Korut untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Kim Song, menegaskan di hadapan Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, bahwa Korut memiliki hak yang tidak bisa disangkal untuk menguji coba senjatanya.

"Tidak ada yang bisa menyangkal hak untuk membela diri bagi DPRK," tegas Kim dalam pernyataannya, merujuk pada nama resmi Korut.