Dihajar Varian Delta-Vaksinasi Mandek, Rusia Catat Rekor Kematian Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 17:00 WIB
Corona Virus test report Stock Image, Test tube
Foto: Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko
Jakarta -

Rusia pada hari Jumat (24/9) mencatat angka kematian harian tertinggi akibat virus Corona, menyusul lonjakan kasus yang terkait dengan varian Delta dan upaya vaksinasi yang mandek.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (24/9/2021), menurut penghitungan pemerintah, 828 kematian terkait COVID-19 tercatat selama 24 jam terakhir. Rekor jumlah kematian harian sebelumnya adalah 820 kematian.

Dengan angka terbaru itu, maka total kematian akibat COVID-19 di Rusia kini menjadi 202.273 kematian - jumlah korban jiwa tertinggi di Eropa.

Sejumlah pihak telah menuding pihak berwenang Rusia meremehkan keparahan wabah ini.

Di bawah definisi yang lebih luas untuk kematian terkait dengan virus Corona, badan statistik Rosstat melaporkan pada akhir Agustus bahwa Rusia telah mendapat lebih dari 350.000 kematian.

Rusia, negara terparah kelima di dunia dengan lebih dari tujuh juta infeksi virus Corona, telah mengalami peningkatan kasus sejak bulan lalu karena vaksinasi terhenti.

Moskow - pusat wabah Rusia - telah mengalami lonjakan selama seminggu terakhir. Para pejabat pun mengingatkan soal meningkatnya keterisian tempat tidur rumah sakit.

Lihat Video: Putin Isolasi Mandiri Usai Kontak Erat dengan Pasien Covid-19

[Gambas:Video 20detik]