Round-up

Belum Berakhir Prancis Vs Sekutu Gegara Kapal Selam Nuklir

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 22:40 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron
Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: AP Photo/Thibault Camus)

Biden Telepon Macron

Diketahui Macron sempat menarik duta besar Prancis dari Amerika usai pembatalan kesepakatan tersebut. Joe Biden lantas menelepon Macron untuk memperbaiki keadaan.

Usai melakukan pembicaraan Macron disebut memerintahkan duta besarnya untuk kembali ke Amerika Serikat pekan depan. Serta akan langsung kembali bekerja secara intensif.

"Macron telah memutuskan bahwa Duta Besar Prancis akan kembali ke Washington minggu depan. Dia kemudian akan memulai pekerjaan intensif dengan pejabat-pejabat senior AS," demikian pernyataan bersama Biden dan Macron.

Dalam pernyataan bersama itu disebutkan, Macron dan Biden juga berjanji untuk meluncurkan proses "konsultasi mendalam" untuk memulihkan kepercayaan dan bertemu di Eropa pada akhir Oktober.

Pertemuan ini akan berusaha "untuk mencapai pemahaman bersama dan mempertahankan momentum dalam proses ini," kata pernyataan itu.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa situasi akan diuntungkan dari konsultasi terbuka di antara sekutu mengenai hal-hal yang menjadi kepentingan strategis bagi Prancis dan mitra Eropa kami," demikian pernyataan bersama tersebut.


(dwia/maa)