Mobil Penasihat Presiden Ukraina Diberondong Tembakan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 17:12 WIB

Jaksa penuntut setempat, Iryna Venediktova, seperti dilansir Ukrinform, menyebut senjata otomatis kaliber 7,62 mm digunakan dalam serangan ini. Dia meyakini niat kriminal dalam penembakan ini sangat 'serius'.

Seorang penasihat Zelensky lainnya, Mykhailo Podolyak, menyebut percobaan pembunuhan itu bisa jadi berkaitan dengan upaya sang Presiden Ukraina melawan oligarki. Diketahui bahwa Zelensky berkuasa dengan janji melawan oligarki dan memerangi korupsi di Ukraina.

"Serangan terbuka, disengaja dan sangat kejam dengan senjata otomatis ini tidak bisa dikualifikasikan berbeda dari upaya pembunuhan anggota tim penting," ucapnya kepada Reuters.

"Kami, tentu saja, mengaitkan serangan ini dengan kampanye agresif dan bahkan militan terhadap kebijakan aktif kepala negara," sebut Podolyak seperti dikutip kantor berita Interfax.

"Kami menekankan bahwa kebijakan presiden yang menargetkan transformasi fundamental negara tidak akan berubah," imbuhnya.

Pekan ini, parlemen Ukraina dijadwalkan menggelar pembahasan soal undang-undang yang bertujuan mengurangi pengaruh oligarki.


(nvc/ita)