Gempa Melbourne Langka Picu Kepanikan, Ini Fakta-faktanya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 13:06 WIB
Gempa berkekuatan magnitudo 6 mengguncang kawasan Melbourne Australia. Sejumlah warga pun berlarian ke luar gedung karena panik akibat gempa tersebut.
Gempa Melbourne / Foto: Getty Images/Asanka Ratnayake
Jakarta -

Gempa Melbourne di Australia hari ini terjadi dan menimbulkan kepanikan warga. Gempa Melbourne ini juga merupakan salah satu gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah Australia.

Gempa yang mengguncang salah satu kota terbesar di Australia ini terjadi pada Rabu (22/9/2021). Gempa Melbourne menyebabkan beberapa kerusakan bangunan.

Berikut fakta-fakta tentang gempa Melbourne

Gempa Melbourne: Berpusat di Mansfield, Victoria

Dikutip dari Reuters, pusat gempa Melbourne berada di kota pinggiran Mansfield di negara bagian Victoria. Gempa bumi ini berpusat di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan bumi.

Guncangan gempa yang dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.15 waktu setempat ini sangat kuat sehingga terasa sampai Kota Adelaide berjarak 800 kilometer dan Kota Sydney dengan jarak 900 kilometer. Lebih dari setengah 25 juta penduduk Australia tinggal di bagian tenggara negara itu.

Gempa Melbourne: Tidak Ada Korban Jiwa

Gambar dan video yang tersebar di sosial media menunjukkan kondisi bangunan yang mengalami kerusakan ringan usai gempa Melbourne. Masyarakat kota Melbourne juga mengungkapkan melalui media sosial mengenai terputusnya jaringan listrik di kawasan pusat bisnis Melbourne. Namun sejauh ini tidak ada laporan mengenai korban dengan cedera serius.

"Kami tidak menerima laporan tentang cedera serius, atau lebih buruk, dan itu adalah kabar baik dan kami berharap kabar baik akan terus berlanjut," ucap Perdana Menteri Scott Morrison kepada wartawan.

Gempa Melbourne: Berkekuatan Magnitudo 5,9

Awalnya pemerintah Australia mengumumkan bahwa gempa berkekuatan Magnitudo 6 namun diturunkan menjadi 5,9. Badan Survei Geologi AS juga menempatkan gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 5,9.

Walaupun adanya gempa susulan dengan kekuatan Magnitudo 4, pemerintah Australia menekankan bahwa tidak ada ancaman tsunami untuk wilayah Australia yang diakibatkan oleh gempa ini.

Gempa Melbourne: Sangat Langka Terjadi

Gempa bumi sangat jarang menghantam Australia. Hal ini dikarenakan Australia terletak di tengah lempeng tektonik Indo-Australia.

Sebelumnya gempa mematikan yang pernah terjadi di Australia berkekuatan Magnitudo 5,6 berlokasi di kota Newcastle tahun 1989 dengan korban jiwa sebanyak 13 orang.

"Saya pernah mengalami gempa bumi di luar negeri sebelumnya dan tampaknya berlangsung lebih lama dari yang saya alami sebelumnya. Hal lain yang mengejutkan saya adalah betapa berisiknya itu. Itu benar-benar gemuruh seperti truk besar yang lewat," ucap Walikota Mansfield Mark Holcombe.

Tonton video 'Cerita Kepanikan Warga Melbourne Diguncang Gempa Magnitudo 5,8':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)