Partai PM Justin Trudeau Diprediksi Menang di Pemilu Kanada

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 11:33 WIB
Canada Prime Minister Justin Trudeau responds to questions during a news conference at the National Press building in Ottawa, Thursday Jan. 9, 2020.  U.S. and Canadian officials say it is “highly likely” that an Iranian anti-aircraft missile downed a Ukrainian jetliner late Tuesday, killing all 176 people on board.  Trudeau, whose country lost at least 63 citizens in the crash, said evidence indicates the plane was struck by a surface-to-air missile. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
PM Kanada Justin Trudeau (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Ottawa -

Partai Liberal diprediksi memenangkan pemilu parlemen Kanada yang digelar pekan ini. Partai tersebut merupakan partai yang menaungi Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau.

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/9/2021), prediksi itu disampaikan oleh dua televisi terkemuka Kanada, CBC dan CTV, dalam proyeksi hasil pemilu.

Trudeau diketahui memimpin pemerintahan dengan minoritas kursi di parlemen atau House of Commons sehingga bergantung pada dukungan partai politik lainnya untuk meloloskan legislasi. Dia menetapkan pelaksanaan pemilu 2 tahun lebih awal dengan harapan mengamankan mayoritas dalam parlemen.

CTV menyebut pemerintahan yang dipimpin Partai Liberal akan menjadi minoritas kembali dalam parlemen, sedangkan CBC menyatakan masih terlalu dini untuk menyatakan demikian. Kini pertanyaan yang muncul adalah seberapa kuat pemerintahan yang akan dibentuk Partai Liberal.

"Orang-orang akan sangat terkejut jika ada pemerintah mayoritas Liberal, dalam kubu Liberal, tapi saya pikir masih terlalu dini untuk menetapkan itu," ucap mantan penasihat Trudeau, Gerald Butts, kepada CBC TV.

Komisi pemilu Kanada dalam hasil sementara menunjukkan Partai Liberal memimpin di sebanyak 146 distrik pemilihan dengan baru sedikit suara yang dihitung.

House of Commons diketahui terdiri atas total 338 kursi dan sebuah partai perlu memenangkan 170 kursi untuk bisa memegang mayoritas dalam parlemen.

Simak juga 'Satu Keluarga Muslim Dibunuh, PM Kanada: Islamofobia Itu Nyata':

[Gambas:Video 20detik]