Partai PM Justin Trudeau Diprediksi Menang di Pemilu Kanada

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 11:33 WIB
Canada Prime Minister Justin Trudeau responds to questions during a news conference at the National Press building in Ottawa, Thursday Jan. 9, 2020.  U.S. and Canadian officials say it is “highly likely” that an Iranian anti-aircraft missile downed a Ukrainian jetliner late Tuesday, killing all 176 people on board.  Trudeau, whose country lost at least 63 citizens in the crash, said evidence indicates the plane was struck by a surface-to-air missile. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
PM Kanada Justin Trudeau (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)

Masuknya hasil pemilu tercatat lebih lambat daripada biasanya. Hal itu terjadi karena beberapa tempat pemungutan suara terpaksa membatasi jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya dalam satu waktu karena adanya pembatasan virus Corona (COVID-19).

Antrean panjang memaksa beberapa pemilih menunggu berjam-jam demi menggunakan hak suaranya di Ontario, yang menjadi wilayah perebutan suara.

Partai Liberal dilaporkan memimpin sementara dengan meraup total 113 kursi parlemen di Ontario dan Quebec. Kedua wilayah itu tercatat memiliki total 199 kursi parlemen, atau mencapai lebih dari separuh total kursi parlemen Kanada.

Dalam hasil regional pertama, Partai Liberal unggul di 23 dari total 32 distrik parlemen di empat provinsi Atlantik. Sebelumnya Partai Liberal menempati 27 kursi dari wilayah tersebut. Pemimpin oposisi dari Partai Konservatif, Erin O'Toole, fokus menambah perolehan kursi di empat provinsi yang sama dan saat ini meraup 9 kursi.

Penundaan dalam penghitungan suara via pos dinilai bisa menahan hasil pemilu dengan selisih ketat.

Komisi pemilu Kanada diketahui tidak akan mulai menghitung sebelum menerima 800 ribu surat suara via pos hingga Selasa (21/9) waktu setempat, tentunya setelah berhasil memverifikasinya terhadap suara yang diberikan secara langsung. Hal ini dinilai bisa membantu memprediksi hasil di setidaknya dua distrik Atlantik dan banyak wilayah Kanada lainnya.


(nvc/haf)