Gabby Petito Selebgram AS Hilang Misterius, Ini 6 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 14:59 WIB
Gabby Petito Selebgram AS yang Hilang Misterius, Ini 6 Faktanya
Gabby Petito Selebgram AS yang Hilang Misterius, Ini 6 Faktanya (Foto: Instagram @gabspetito)
Jakarta -

Gabby Petito, seorang selebgram asal Amerika Serikat (AS) jadi sorotan lantaran hilang misterius saat sedang traveling dengan kekasihnya di negara tersebut. Setelah ditelusuri, FBI menemukan jenazah mirip ciri-ciri Gabby Petito di sekitar lokasi yang pernah dikunjungi keduanya.

Diketahui selebgram berusia 22 tahun tersebut melakukan perjalanan keliling taman-taman nasional di bagian barat AS. Mereka memulai perjalanannya sejak Juni 2021 lalu.

Lantas bagaimana fakta-fakta soal Gabby Petito yang hilang misterius hingga penemuan jenazah mirip dirinya? detikcom merangkumkan informasinya berikut ini.

Gabby Petito dan Kekasihnya Hilang Kontak Akhir Agustus

Seperti dilansir CNN, Senin (20/9/2021), Gabby Petito dan kekasihnya yang bernama Brian Laundrie memulai perjalanan mereka sejak Juni lalu. Keduanya memang berencana melakukan perjalanan dengan van Ford putih Petito untuk mengunjungi sejumlah taman nasional.

Gabby Petito juga berniat mengabadikan seluruh perjalanannya di media sosial. Namun pada akhir Agustus lalu, kontak dengan keluarga Gabby Petito terputus.

"Dia mempertahankan kontak rutin dengan anggota keluarganya selama perjalanannya, namun komunikasi itu tiba-tiba berhenti sekitar akhir Agustus," kata kepala polisi North Port, Todd Garrison.

Polisi Sempat Bertemu Gabby Petito Pertengahan Agustus

Sebelum dilaporkan hilang, Gabby Petito dan kekasihnya sempat bertemu dengan seorang polisi di kota Moab, Utah. Polisi itu menyebut keduanya saat itu sedang terlibat pertengkaran hingga diminta menepi.

Dilihat dari rekaman bodycam milik sang polisi, keduanya saling bertengkar hingga terlibat kekerasan fisik. Kepada polisi, Gabby Petito tampak menangis dan berkata dia memiliki masalah kesehatan mental.

Gabby Petito bercerita dia menampar Laundrie setelah bertengkar, namun mengaku tak berniat jahat. Mereka pun disarankan untuk berpisah sementara karena saat itu kondisi Gabby Petito tampak emosional.

Komunikasi Terakhir Gabby Petito dengan Keluarga

Keluarga Gabby Petito mengatakan kepada polisi bahwa mereka terakhir berhubungan dengannya di akhir Agustus. Sebelum komunikasi terakhir itu, Gabby Petito diyakini berada di Taman Nasional Grand Teton di Wyoming.

Dalam konferensi pers, pengacara keluarga Petito, Richard Stafford mengatakan komunikasi terakhir keluarga dengan Petito terjadi pada 30 Agustus. Namun mereka tidak percaya bahwa pesan yang mereka terima berasal dari Gabby Petito.

Setelah 10 hari hilang, pada 11 September lalu, keluarga Gabby Petito melaporkan hilangnya selebgram tersebut.

Berikut penjelasan pihak keluarga soal kabar terakhir Gabby Petito:

  • 24 Agustus: Gabby Petito melakukan panggilan video FaceTime dengan ibunya dan memberi tahu dia bahwa dia akan meninggalkan Utah dan menuju ke daerah Teton di Wyoming.
  • 25 Agustus: Gabby Petito dan ibunya berkirim pesan. Keluarganya percaya dia berada di daerah Teton saat itu.
  • 27 Agustus: Gabby Petito masih berkomunikasi dengan ibunya. Keluarga yakin dia ada di Tetons.
  • 30 Agustus: Keluarganya menerima pesan terakhir dari Gabby Petito. Mereka ragu dia menulis teks itu. Menurut Stafford, pesan itu berbunyi, "Tidak ada layanan di Yosemite."

Fakta-fakta lainnya soal Gabby Petito bisa di cek di halaman berikut.

Kekasih Gabby Petito Kembali ke Rumah Sendiri

Menurut laporan polisi, kekasih Gabby Petito, Brian Laundrie kembali ke North Port sendirian. Polisi menemukan van putih yang dikendarai keduanya untuk melakukan perjalanan di kediaman tersebut.

"Hal ini masih diproses dan ada beberapa barang di sana yang akan diperiksa oleh pihak berwenang," kata juru bicara polisi North Port Josh Taylor pada konferensi pers.

Kekasih Gabby Petito Dilaporkan Hilang

Karena tak kunjung bisa dihubungi sejak akhir Agustus lalu, keluarga Gabby Petito -- yang tinggal di New York -- melaporkan dia hilang pada Sabtu (11/9) malam waktu setempat ke Departemen Kepolisian Suffolk, New York.

Pihak berwenang North Port langsung pergi ke rumah Laundrie dan meminta keterangannya dan pihak keluarga. Namun mereka tidak mau bekerjasama.

Setelah beberapa hari pihak keluarga Gabby Petito dan polisi memohon keluarga Laundrie untuk bekerja sama dalam penyelidikan, keluarga Laundrie meminta polisi untuk datang ke rumah mereka lantaran kekasih Gabby Petito menghilang.

Penemuan Jenazah Mirip Gabby Petito

Setelah polisi dan FBI melakukan pencarian, ditemukan jenazah di daerah Teton, Wyoming, pada Minggu (19/9) lalu. Diduga jenazah tersebut memiliki kemiripan dengan Gabby Petito.

Mayat itu ditemukan di daerah terpencil di Hutan Nasional Bridger-Teton, dekat perkemahan Spread Creek Dispersed.

"Awal hari ini jenazah manusia ditemukan sesuai dengan deskripsi Gabrielle 'Gabby' Petito," kata agen FBI Charles Jones seperti dilansir Reuters, Senin (20/9/2021).

"Identifikasi forensik lengkap belum selesai untuk memastikan 100 persen bahwa kami menemukan Gabby, tetapi keluarganya telah diberitahu tentang penemuan ini," imbuhnya.

Polisi akan melakukan autopsi pada Selasa (21/9) waktu setempat. Mereka akan mengonfirmasikan identitas Gabby lewat foto, identifikasi pribadi dan DNA.

Lokasi penemuan jenazah tersebut terletak tak jauh dari tempat Gabby Petito dan kekasihnya merekam kegiatannya pada 27 Agustus lalu.

(izt/imk)