ISIS-K Klaim Dalangi Serangan Bom terhadap Taliban di Jalalabad

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 09:29 WIB
Kabul -

Kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria-Khorasan (ISIS-K) mengklaim bertanggung jawab atas rentetan ledakan bom yang mengenai kendaraan milik Taliban di wilayah Jalalabad, Afghanistan. Rentetan ledakan bom ini dilaporkan menewaskan tiga orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Seperti dilansir AFP, Senin (20/9/2021), klaim itu disampaikan ISIS-K dalam dua pernyataan yang dirilis melalui sayap propaganda ISIS, Amaq, pada Minggu (19/9) waktu setempat.

Dalam pernyataannya, ISIS-K mengklaim telah mendalangi 'tiga serangan bom terpisah' yang menargetkan tiga 'kendaraan Taliban' di Jalalabad pada Sabtu (18/9) waktu setempat.

Sebuah 'serangan bom' lainnya terhadap 'sebuah kendaraan Taliban' pada Minggu (19/9) waktu setempat.

Laporan media lokal menyebut bahwa sebuah truk pikap yang membawa para petempur Taliban menjadi target serangan bom di kota Jalalabad pada Minggu (19/9) waktu setempat.

Sejumlah saksi mata menuturkan kepada media lokal bahwa beberapa petempur Taliban mengalami luka-luka akibat ledakan itu dan dilarikan ke rumah sakit setempat. Menurut salah satu jurnalis setempat, ledakan bom itu terjadi di dekat persimpangan untuk transportasi dari dan ke ibu kota Kabul.

Sumber yang dikutip Reuters menyebutkan sedikitnya tiga orang tewas dan sekitar 20 orang lainnya luka-luka akibat rentetan ledakan di Jalalabad pada akhir pekan ini.