Gunung Berapi di Spanyol Meletus, 1.000 Orang Dievakuasi

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 02:45 WIB
Madrid -

Gunung berapi Cumbre Vieja meletus di Kepulauan Canary, Spanyol. Gunung tersebut memuntahkan lava, abu, dan kolom asap yang besar.

Dilansir AFP, letusan gunung berapi itu memicu evakuasi besar-besaran terhadap penduduk yang tinggal di sekitar Gunung Cumbre Vieja. Kurang lebih 1.000 orang dievakuasi.

"Letusan dimulai di zona Cabeza de Vaca, di El Paso," pernyataan pemerintah setempat di akun Twitter-nya dilansir AFP, Senin (20/9/2021).

Warga yang tinggal di 12 daerah terdekat dengan Gunung Cumbre Vieja dievakuasi ke tempat penampungan yang aman.



"Masyarakat diminta untuk sangat berhati-hati dan menjauh dari zona letusan untuk menghindari risiko yang tidak perlu," pernyataan pemerintah setempat.

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk. Sejauh ini, belum ada korban jiwa yang dilaporkan akibat letusan gunung berapi.

Menurut dugaan pemerintah setempat, aliran lahar dari gunung berapi akan bergerak ke barat daya menuju permukiman warga, sebelum akhirnya mencapai pantai.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan dirinya akan meninjau ke lokasi kejadian. Sejumlah agenda Sanchez terpaksa ditunda.

"Mengingat situasi pulau La Palma, kepala pemerintahan telah menunda jadwal keberangkatannya hari ini ke New York untuk menghadiri Majelis Umum PBB," tulis Sanchez di Twitter.

"Semua layanan disiapkan untuk bertindak secara terkoordinasi," lanjut Sanchez.

Operator Bandara Aena menegaskan penerbangan dari dan menuju Kepulauan Canary tidak terganggu. Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan 200 personel Dinas Keamanan telah dikerahkan ke lokasi. Helikopter juga disiagakan.

(isa/isa)