Round-Up

Ukiran Rekor 22 Juta Suntikan Vaksin Sehari saat Ultah PM Modi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 20:32 WIB
A health worker administers the vaccine for COVID-19 in New Delhi, India, Tuesday, Aug. 24, 2021. (AP Photo/Manish Swarup)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Corona kepada warga New Delhi (Foto: AP Photo)

Diluncurkan pada bulan Januari lalu, kampanye vaksinasi di India awalnya berjalan lambat karena kekurangan pasokan vaksin dan keraguan di antara penduduk.

Namun, vaksinasi telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir, mencapai rata-rata antara lima juta dan delapan juta suntikan vaksin setiap hari.

Sekitar 788 juta dosis vaksin COVID-19 kini telah diberikan. Tetapi jumlah orang yang mendapatkan dosis vaksin kedua masih di bawah 20 persen.

Tsunami COVID-19 Sempat Terjadi di India

India dihantam gelombang Corona yang brutal pada bulan April dan Mei lalu, yang menewaskan lebih dari 200.000 orang.

Kini, kasus infeksi dan kematian harian telah turun secara dramatis sejak lonjakan itu, dan banyak pembatasan pergerakan telah berakhir. Namun, pihak berwenang khawatir akan adanya gelombang baru seiring musim festival akhir tahun akan dimulai.

Negara itu sejauh ini telah mencatat total 437.370 kematian dan lebih dari 32 juta kasus COVID-19 -- dengan 34.000 kasus dan 320 kematian dilaporkan pada Jumat (17/9) -- tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).


(jbr/dwia)