Kamboja Mulai Berikan Vaksin Sinovac untuk Anak 6 Tahun ke Atas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 13:20 WIB
Vaccine, Vaccination Hepatitis B virus for child baby. Doctors vaccinate the thighs of children
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/comzeal)
Jakarta -

Pemerintah Kamboja mulai memberikan vaksin COVID-19 untuk anak-anak berusia enam tahun ke atas. Ini dilakukan meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyetujui vaksinasi untuk anak di bawah 12 tahun.

Negara Asia Tenggara itu telah mendapat pujian atas program vaksinasi cepatnya, yang telah membuat lebih dari 98 persen populasi orang dewasa menerima setidaknya satu dosis vaksin, menurut Kementerian Kesehatan Kamboja.

Seperti diberitakan AFP, Sabtu (18/9/2021), tahap vaksinasi terbaru ini dimulai dengan cucu-cucu Perdana Menteri (PM) Hun Sen dan para pejabat lainnya menerima suntikan vaksin Sinovac di depan wartawan di Phnom Penh pada Jumat (17/9) waktu setempat.

"Perlu bagi kita untuk melakukan ini karena kita harus melangkah maju," kata PM Hun Sen.

Kamboja berencana memberikan dua suntikan vaksin buatan China tersebut pada anak-anak berusia enam hingga 12 tahun, dengan dosis ketiga atau booster nantinya.

Vaksin Sinovac telah disetujui untuk penggunaan orang dewasa di lebih dari 50 negara, tetapi China telah mengizinkannya untuk digunakan pada anak-anak.

Namun, para ahli kesehatan belum yakin tentang kelayakan memvaksinasi anak-anak yang lebih muda. WHO pun telah mendesak negara-negara untuk menunda vaksinasi mereka yang berusia di bawah 12 tahun.