Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika Meninggal Dunia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 08:16 WIB
Algerian President Abdelaziz Bouteflika meets with his French counterpart Francois Hollande at the Zeralda private residence on June 15, 2015, in Algiers. Hollande is on a friendship and working visit to Algeria at the invitation of Algerian President, Abdelaziz Bouteflika as the two nations, once bitter foes, work ever closer to tackle regional threats from Mali to Libya. AFP PHOTO / POOL / ALAIN JOCARD / AFP PHOTO / POOL / ALAIN JOCARD
Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika (Foto: AFP PHOTO/POOL/ALAIN JOCARD)
Algiers -

Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika, meninggal dunia. Dia meninggal dunia di usia 84 tahun.

Dilansir dari AFP, Sabtu (18/9/2021), Abdelaziz Boutefika meninggal pada Jumat (17/9). Kabar meninggalnya tersebut disiarkan oleh televisi publik di Aljazair.

Boutefika menjadi Presiden Aljazair pada tahun 1999. Dia kembali terpilih menjadi presiden pada tahun 2004, 2009 dan 2014.

Namun upayanya di tahun 2019 untuk masa jabatan kelima memicu protes. Gerakan massa melawan rezimnya berminggu-minggu melakukan demonstrasi.

Ketika dia kehilangan dukungan dari tentara, dia terpaksa mundur usai 20 tahun berkuasa. Setelah pengunduran dirinya, dia tidak terlihat oleh publik di sebuah kediaman di Aljir barat.

Protes massa Hirak berlanjut hingga pemerintahan penerus Bouteflika Abdelmadjid Tebboune, yang juga dilihat sebagai orang dalam rezim. Tetapi gerakan itu ditangguhkan karena pandemi virus Corona.

(fas/fas)