Taliban Segera Buka Lagi Sekolah di Afghanistan Bagi Murid Laki-laki

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 22:11 WIB
Taliban izinkan perempuan di Afghanistan bersekolah. Namun ada sejumlah persyaratan yang diberikan, salah satunya ruang kelas akan dipisahkan berdasarkan gender
Ilustrasi perempuan di Afghanistan (Foto: AP Photo/Felipe Dana)
Kabul -

Sekolah-sekolah Afghanistan segara dibuka lagi untuk anak laki-laki. Namun, Taliban belum menjelaskan bagaimana nasib murid perempuan di negara itu.

Dilansir dari Reuters, Jumat (17/9/2021), sekolah bakal dibuka lagi mulai Sabtu besok. Hal itu disampaikan Kementerian Pendidikan baru Taliban dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pendidikan tidak memberikan indikasi kapan anak perempuan bisa kembali ke kelas mereka. Sebagian lembaga pendidikan di Afghanistan telah ditutup sekitar 1 bulan usai Taliban berkuasa.

Taliban sendiri sedang berupaya membuka kembali ekonomi dan memulihkan kehidupan normal di kota-kota di Afghanistan.

Di beberapa sekolah yang telah berhasil beroperasi, siswa perempuan hingga kelas enam telah hadir dan siswa perempuan telah mengikuti kelas universitas. Tetapi sekolah menengah untuk anak perempuan masih ditutup.

Pejabat Taliban mengatakan mereka tidak akan meniru kebijakan fundamentalis dari pemerintahan Taliban sebelumnya yang melarang pendidikan bagi anak perempuan. Mereka berjanji anak perempuan dapat belajar selama mereka melakukannya di ruang kelas terpisah dengan laki-laki.

Taliban tidak memerintahkan sekolah untuk tutup setelah pengambilalihan kekuasaan. Namun, situasi keamanan membuat banyak kegiatan untuk perempuan dan anak perempuan belum dimungkinkan. Pernyataan terbaru Taliban juga tidak menyebutkan anak perempuan sama sekali.

Sekolah negeri dan swasta di tingkat dasar dan menengah serta sekolah agama madrasah resmi akan dibuka mulai Sabtu. Taliban hanya menyebut guru dan siswa yang harus ke sekolah.

"Semua guru dan siswa laki-laki harus bersekolah," ujar pernyataan itu.

(haf/haf)