Round-up

Kala Pesenam AS Bongkar Pelecehan Seks dan Tuding FBI 'Tutup Mata'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 05:21 WIB
Simone Biles
Simone Biles (Foto: Saul Loeb/Pool via AP)

Laporkan Pelecehan

Biles bersama sejumlah pesenam ternama AS lainnya seperti McKayla Maroney, Ali Raisman, Gabby Douglas, Jordyn Wieber dan Kyla Ross, menyebut Nassar melecehkan mereka secara seksual saat dia masih menjadi koordinator medis nasional tim senam AS tahun 1996-2014.

Saat memberikan testimoni di hadapan Komisi Senat AS, Biles didampingi oleh Raisman, Maroney dan Maggie Nichols, yang merupakan pesenam pertama yang melaporkan tindak pelecehan Nassar ke otoritas senam AS. Maroney juga pesenam peraih medali emas dalam Olimpiade London.

Biles pertama mengungkapkan dirinya menjadi korban Nassar pada Januari 2018 lalu. Saat memutuskan mundur dari Olimpiade Tokyo, Biles menuturkan bahwa trauma yang tersisa dari tindak pelecehan seksual yang dialaminya memainkan peran dalam keputusannya mengundurkan diri dari sejumlah kompetisi.

Di hadapan anggota parlemen AS, Biles menuturkan dirinya ingin kehadirannya di Tokyo 'membantu menjaga koneksi' antara kegagalan para pejabat dan kompetisi Olimpiade, tapi dia mengakui bahwa hal itu 'terbukti menjadi beban yang sangat sulit untuk dipikulnya'.


(dwia/lir)