Round-Up

Uji Coba Rudal Korea Utara Makin Menggila

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 05:00 WIB
Korea Utara klaim sukses uji coba sistem rudal yang dimuat kereta api. Sistem rudal itu diklaim dirancang untuk menangkal setiap kekuatan yang ancam Korut.
Uji coba rudal Korea Utara menggunakan kereta (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

"Korea Utara menembakkan dua rudal balistik tak teridentifikasi dari area pedalaman di tengah wilayahnya menuju pantai timur, dan otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan analisis secara detail untuk informasi lebih lanjut," sebut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) atau JCS.

JCS menambahkan bahwa militer Korsel meningkatkan level pengawasannya dan menjaga kesiapan penuh dalam kerja sama erat dengan AS. Komando Indo-Pasifik militer AS secara terpisah menyebut peluncuran rudal Korut itu tidak memberikan ancaman segera untuk para personel, wilayah maupun sekutu-sekutu AS.

Korea Utara klaim sukses uji coba 'sistem rudal yang dimuat kereta api'. Sistem rudal itu diklaim dirancang untuk menangkal setiap kekuatan yang ancam Korut.Korea Utara klaim sukses uji coba 'sistem rudal yang dimuat kereta api'. Sistem rudal itu diklaim dirancang untuk menangkal setiap kekuatan yang ancam Korut. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Perdana Menteri (PM) Jepang, Yoshihide Suga menyebut peluncuran rudal Korut itu 'keterlaluan'. Suga juga mengecam keras aktivitas balistik terbaru Korea Utara yang disebut menjadi ancaman bagi perdamaian dan keamanan di kawasan.

Patroli Pantai Jepang, dalam pernyataannya, menyebut rudal-rudal Korut jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang. Baik Suga maupun Presiden Korsel, Moon Jae-In, dijadwalkan menggelar rapat dengan dewan keamanan nasional untuk membahas peluncuran rudal Korut itu.


(rfs/lir)