Puluhan Orang di Lingkaran Dalamnya Kena Corona, Bagaimana dengan Putin?

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 15:44 WIB
Russian President Vladimir Putin listens during a meeting in the Kremlin, in Moscow, Russia, Thursday, Nov. 19, 2020. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Vladimir Putin (dok. Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengakui puluhan orang di lingkaran dalamnya dinyatakan terinfeksi virus Corona (COVID-19), sebelum dirinya menjalani isolasi mandiri sejak awal pekan ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (16/9/2021), Putin yang mengumumkan pada Maret lalu bahwa dirinya telah divaksinasi Corona, mulai menjalani isolasi mandiri sejak Selasa (14/9) waktu setempat setelah dirinya ditetapkan sebagai kontak dekat pasien Corona.

"Anda tahu bahwa sangat disayangkan saya harus membatalkan kunjungan saya ke Dushanbe pada saat-saat terakhir," ucap Putin saat menyampaikan pidato via video link dalam pertemuan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Moskow dan digelar di Dushanbe, Tajikistan.

"Saya meminta maaf, tapi ini karena fakta bahwa, Anda tahu, kasus-kasus virus Corona terdeteksi di dalam lingkaran dalam saya," tuturnya.

"Bukan hanya satu atau dua, tapi puluhan orang," imbuh Putin.

Presiden berusia 68 tahun ini mengungkapkan pada akhir Juni lalu bahwa dirinya telah divaksinasi dengan vaksin Corona buatan Rusia, Sputnik V, setelah berbulan-bulan merahasiakan vaksin yang digunakannya. Namun Kremlin tidak merilis foto maupun video vaksinasi Putin.

Beberapa bulan terakhir, Putin melanjutkan kembali kunjungan kerjanya dan rapat tatap muka, namun banyak jajarannya yang masih diwajibkan menjalani karantina selama dua pekan.