Umumkan Aliansi Pertahanan, Biden Lupa Nama PM Australia!

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 14:56 WIB
President Joe Biden, joined virtually by Australian Prime Minister Scott Morrison, right on screen, and British Prime Minister Boris Johnson, speaks about a national security initiative from the East Room of the White House in Washington, Wednesday, Sept. 15, 2021. (AP Photo/Andrew Harnik)
Presiden AS Joe Biden saat menggelar konferensi pers vritual dengan PM Inggris Boris Johnson dan PM Australia Scott Morrison (AP Photo/Andrew Harnik)
Canberra -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, memicu momen canggung saat mengumumkan aliansi pertahanan baru dengan Inggris dan Australia. Ketika mengucapkan terima kasih untuk kedua negara itu, Biden tampaknya lupa dengan nama Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison.

Seperti dilansir AFP, Kamis (16/9/2021), Biden awalnya menyebut PM Morrison sebagai 'that fellow Down Under' atau 'kawan dari Down Under'. Istilah Down Under seringkali digunakan untuk menyebut Australia dan Selandia Baru karena letaknya di bawah garis khatulistiwa.

Momen ini terjadi saat pengumuman Gedung Putih yang disiarkan televisi, dengan Biden diapit oleh video besar yang menampilkan PM Inggris Boris Johnson dan PM Morrison, yang bergabung secara virtual dari negara masing-masing.

"Terima kasih, Boris dan... dan saya ingin berterima kasih kepada kawan dari Down Under. Terima kasih banyak, sobat. Saya apresiasi itu, Pak Perdana Menteri," ucap Biden saat mengumumkan kesepakatan yang akan memperlengkapi Australia dengan kapal selam bertenaga nuklir.

Meski Biden melupakan namanya, PM Morrison menanggapi hal itu dengan memberikan senyuman dan acungan jempol.

Beberapa saat kemudian Biden tampak kembali menyampaikan pernyataan resminya dan menyebut nama PM Australia dengan benar. Namun, insiden itu menjadi sorotan media-media lokal Australia, dengan beberapa memuatnya di halaman depan.

"'Terima kasih sobat': Biden tampaknya lupa nama Morrison," tulis Cairns Post pada headline-nya pada Kamis (16/9) waktu setempat.

Lihat juga video 'Joe Biden, Obama, dan Clinton Hadiri Peringatan 20 Tahun Tragedi 9/11':

[Gambas:Video 20detik]