Warga Palestina Ditembak Mati Polisi Israel di Yerusalem

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 13:25 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (dok. Zaki Alfarabi/detikcom)
Yerusalem -

Seorang warga Palestina ditembak hingga tewas oleh polisi Israel di Kota Tua, Yerusalem. Warga Palestina itu ditembak saat berupaya melakukan aksi penikaman.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (11/9/2021), insiden ini terjadi saat ketegangan meningkat setelah enam tahanan Palestina kabur dari penjara dengan keamanan ketat pada awal pekan ini. Kelompok bersenjata Palestina menyerukan aksi 'Hari Kemarahan' untuk mendukung para tahanan di penjara Israel.

Kepolisian Israel melaporkan adanya 'percobaan serangan pisau' di dekat Lions' Gate, salah satu gerbang masuk Kota Tua, Yerusalem, pada Jumat (10/9).

"Polisi dan penjaga perbatasan merespons dengan melepas tembakan," sebut Kepolisian Israel dalam pernyataannya.

Pelaku percobaan penikaman itu disebut sebagai warga Yerusalem Timur berusia 50 tahun. Dia dibawa ke rumah sakit Hadassah namun dinyatakan meninggal dunia setibanya di sana.

Kantor berita Palestina, Wafa News Agency, mengidentifikasi warga Palestina yang tewas ditembak sebagai Hazem Joulani. Dia disebut sebagai seorang dokter dari Yerusalem.

Ditambahkan Kepolisian Israel bahwa seorang polisi mengalami luka ringan akibat terkena serpihan peluru saat insiden itu terjadi.