4 Tahanan Palestina yang Kabur Ditangkap Israel, 2 Lainnya Diburu

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 11:38 WIB
Tel Aviv -

Otoritas Israel berhasil menangkap kembali empat tahanan Palestina, dari enam tahanan, yang kabur dari penjara dengan keamanan ketat awal pekan ini. Insiden kaburnya para tahanan Palestina ini membuat Israel mengerahkan perburuan besar-besaran dan membentuk komisi khusus untuk melakukan penyelidikan.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (11/9/2021), Kepolisian Israel awalnya berhasil menangkap dua tahanan yang kabur di Nazareth pada Jumat (10/9) waktu setempat. Kemudian pada Sabtu (11/9) pagi waktu setempat, dua tahanan lainnya berhasil ditangkap di wilayah lainnya.

"Polisi di zona utama menangkap dua tahanan yang kabur beberapa waktu lalu... di kota Nazareth," demikian pernyataan Kepolisian Israel pada Jumat (10/9).

Dua tahanan Palestina yang ditangkap kembali di Nazareth itu diidentifikasi sebagai Yaqoub Qadri (48) dan Mahmoud Abdullah Ardah (45). Keduanya diketahui merupakan anggota kelompok militan Jihadi Islam. Menurut laporan media lokal Ardah merupakan dalang utama dari kaburnya para tahanan Palestina.

Sesaat usai penangkapan kembali dua tahanan Palestina ini diumumkan, militer Israel menyatakan bahwa sebuah roket ditembakkan ke wilayah selatan dari Gaza. Roket itu disebut berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome.

"Polisi menemukan lokasi mereka (dua tahanan yang kabur) dan mengejar mereka dengan helikopter. Mereka tidak memberikan perlawanan ketika ditangkap di Nazareth bagian selatan," sebut Kepolisian Israel dalam pernyataannya.

Media-media lokal Israel melaporkan bahwa kepolisian menerima informasi dari warga setempat yang melihat dua pria mengais-ais makanan di tempat sampah.