4 Tahanan Palestina yang Kabur Ditangkap Israel, 2 Lainnya Diburu

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 11:38 WIB

Dua tahanan Palestina lainnya ditangkap pada Sabtu (11/9) pagi waktu setempat, saat bersembunyi di area parkir, di kota Shibli-Umm al-Ghanam.

"Dua tahanan lainnya yang kabur berhasil ditangkap beberapa saat lalu... saat mereka bersembunyi di tempat parkir untuk truk," ungkap Kepolisian Israel dalam pernyataan terbaru.

Media lokal The Times of Israel mengidentifikasi dua tahanan yang ditangkap di area parkir itu sebagai Zakaria Zubeidi yang disebut sebagai komandan teror dan Mohammed al-Arida yang merupakan adik dari Ardah. Zubeidi disebut sempat berupaya kabur saat akan ditangkap, namun berhasil diamankan polisi.

Dengan penangkapan ini, berarti sudah empat tahanan Palestina yang kembali ke tahanan Palestina. Operasi perburuan masih berlanjut untuk dua tahanan lainnya yang disebut bernama Iham Kamamji dan Munadil Nafiyat.

Israel mengerahkan perburuan besar-besaran untuk mencari enam tahanan Palestina yang kabur dari penjara Gilboa yang memiliki keamanan ketat pada Senin (6/9) waktu setempat. Mereka dilaporkan menggali terowongan di bawah wastafel yang ada di sel tahanan mereka, dengan hanya menggunakan sendok berkarat.

Militer Israel dikerahkan ke Tepi Barat, dengan pencarian difokuskan ke wilayah Jenin yang menjadi kampung halaman salah satu tahanan yang kabur.

Otoritas Israel menyebut keenam tahanan yang kabur merupakan anggota kelompok bersenjata Palestina yang ditahan karena merencanakan atau melancarkan serangan terhadap warga Israel. Salah satunya Ardah yang ditahan sejak tahun 1996 terkait serangan terhadap Israel yang diklaim oleh kelompok Jihad Islam.

Pada Kamis (9/9), otoritas Israel membentuk komisi khusus untuk menyelidiki dan mencari kesalahan yang memungkinkan kaburnya keenam tahanan Palestina itu.


(nvc/idh)