20 Tahun Serangan 11 September, Pesan Khusus Biden untuk Warga AS

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 10:05 WIB
President Joe Biden speaks about the end of the war in Afghanistan from the State Dining Room of the White House, Tuesday, Aug. 31, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden (dok. AP Photo/Evan Vucci)

Sebelumnya diberitakan bahwa acara peringatan 9/11 akan digelar di tiga lokasi berbeda yang menjadi target 19 pembajak Al-Qaeda yang menabrakkan pesawat penumpang 20 tahun lalu dalam serangan yang mengubah dunia selamanya.

Di New York, tepatnya di Ground Zero yang dibangun di lokasi menara kembar World Trade Center (WTC) yang tumbang dalam serangan 9/11, para kerabat akan membacakan nama-nama nyaris 3.000 korban tewas, dalam seremoni yang akan berlangsung nonstop selama 4 jam mulai pukul 08.30 waktu setempat, pada Sabtu (11/9) waktu AS.

Enam momen mengheningkan cipta akan dilakukan tepat pada waktu saat dua menara kembar WTC dihantam dua pesawat yang dibajak dan akhirnya ambruk, juga momen saat gedung Pentagon diserang dan satu penerbangan komersial lainnya -- dikenal dengan United 93 --jatuh sebelum mencapai target yang diduga Gedung Capitol di Washington DC.


(nvc/idh)