Petugas Damkar Spanyol Tewas Saat Berjuang Padamkan Kebakaran Hutan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 03:33 WIB
Sedikitnya 15 hektar lahan di kawasan Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara, Kabupateen Ogan Ilir terbakar.
Ilustrasi kebakaran hutan (Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
estepona -

Seorang petugas pemadam kebakaran (damkar) tewas ketika berjuang memadamkan kebakaran hutan di Spanyol Selatan. Pejabat setempat menyebut bahwa kebakaran itu memaksa ratusan orang harus dievakuasi dan jalan raya utama pun ditutup.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/9/2021), korban merupakan pria berusia 44 tahun. Dia adalah salah satu dari sekitar 400 petugas pemadam kebakaran yang menangani api yang berkobar pada Rabu (8/9) di pegunungan Sierra Bermeja, Provinsi Selatan Malaga.

"Anda dapat membayangkan rasa sakit dan kesedihan di pos komandonya," kata Menteri Lingkungan di Pemerintah Daerah Andalusia, Carmen Crespo, dalam konferensi pers.

Dia mengatakan kobaran api itu sangat rumit dan sangat sulit. Lebih dari 25 pesawat yang menjatuhkan air dikerahkan membantu petugas pemadam kebakaran untuk mengendalikan kobaran api.

Layanan darurat mengatakan sekitar 900 orang dievakuasi dari rumah mereka-terutama dari Kotamadya Estepona, daerah yang populer dengan pensiunan dan wisatawan Inggris. Beberapa mengatakan bahwa mereka hanya diberi waktu beberapa menit untuk pergi oleh polisi.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan angin kencang dengan kecepatan angin hingga 60 kilometer (40 mil) per jam menjadi kendala pemadaman api. Tak hanya itu, kondisi cuaca yang panas, kering dan lereng gunung yang curam membuat tugas mereka sulit mengendalikan kobaran api. Meskipun mereka berharap suhu malam yang lebih dingin akan membantu mereka.

"Sayangnya kebakaran hutan sekali lagi merusak tempat-tempat indah seperti Sierra Bermeja. Solidaritas saya dengan semua orang yang telah dievakuasi dari rumah mereka. Saya membayangkan kehancuran dan ketidakberdayaan mereka," cuit Perdana Menteri Pedro Sanchez.

(fas/fas)