Menteri Rusia Tewas Saat Selamatkan Orang di Kutub Utara

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 18:31 WIB
A radar facility on the Alexandra Land island near Nagurskoye, Russia, Monday, May 17, 2021. Bristling with missiles and radar, Russias northernmost military base projects the countrys power and influence across the Arctic from a remote, desolate island amid an intensifying international competition for the regions vast resources. Russias northernmost military outpost sits on the 80th parallel North, projecting power over wide swathes of Arctic amid an intensifying international rivalry over the polar regions vast resources. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
ilustrasi pangkalan militer Rusia di Kutub Utara (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko)
Jakarta -

Menteri Darurat Rusia Yevgeny Zinichev meninggal saat latihan pertahanan sipil strategis dan militer di kota Norilsk, wilayah Kutub Utara.

"Kami dengan bersedih memberi tahu Anda bahwa Zinichev meninggal secara tragis saat melakukan tugas resmi menyelamatkan nyawa seseorang selama latihan antardepartemen untuk melindungi zona Kutub Utara dari keadaan darurat di Norilsk," kata Kementerian Darurat dalam pesan yang disampaikan media-media Rusia seperti dilansir dari The Moskow Times, Rabu (8/9/2021).

Kementerian itu menyatakan, Zinichev berada Kutub Utara untuk mengawasi latihan skala besar dan mengunjungi lokasi pembangunan stasiun pemadam kebakaran baru di Norilsk.

Margarita Simonyan, pemimpin redaksi media pemerintah RT yang didanai negara, mengatakan bahwa Zinichev meninggal saat menyelamatkan seorang juru kamera yang terpeleset jatuh dari tebing.

"Tentang Zinichev," tulisnya di Twitter. "Dia dan juru kamera berdiri di tepi tebing. Juru kamera terpeleset dan jatuh... Bahkan sebelum ada yang tahu apa yang terjadi, Zinichev melompat ke air setelah orang yang jatuh itu dan menghantam bebatuan yang menonjol," tulisnya seperti diberitakan AFP, Rabu (8/9/2021).

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, situs berita RBC melaporkan bahwa Zinichev meninggal saat pembuatan video pelatihan Kementerian Darurat.

"Dia mencoba memegang seorang anggota kru film yang terpeleset dari tepi tebing," kata outlet tersebut, seraya menambahkan bahwa anggota kru itu juga tewas dalam insiden tersebut.

Lihat juga Video: AS Hengkang dari Afghanistan, Putin: Hasilnya Nol Besar!

[Gambas:Video 20detik]