Gempa M 7,1 Guncang Meksiko, Satu Orang Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 11:30 WIB
Seismograf, alat pencatat getaran gempa. Ilustrasi gempa bumi
Foto: Seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta -

Gempa dengan Magnitudo (M) 7,1 mengguncang Meksiko di dekat kota resor Acapulco, Pasifik, menyebabkan setidaknya satu orang tewas. Gempa mengguncang gedung-gedung di ibu kota Mexico City beberapa ratus kilometer jauhnya.

Seperti diberitakan AFP, Rabu (8/9/2021), Dinas Seismologi Nasional melaporkan pusat gempa berada 11 kilometer tenggara Acapulco di negara bagian Guerrero.

Gubernur negara bagian Guerrero, Hector Astudillo mengatakan kepada Milenio TV, bahwa seorang pria tewas ketika tiang listrik menimpanya di kota terdekat Coyuca de Benitez.

Namun, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan dalam pesan video bahwa tidak ada laporan kerusakan besar akibat gempa.

Menurut koresponden AFP, tiang listrik jatuh menimpa sejumlah kendaraan di Acapulco dan bagian depan sebuah gereja runtuh. Para turis dievakuasi dari hotel-hotel seiring terjadinya serangkaian gempa susulan.

"Saya sedang mandi dan tiba-tiba saya merasakan gerakan yang sangat kuat dan kemudian saya takut dan berteriak," kata seorang turis dari Mexico City yang lari keluar hotel hanya dengan mengenakan handuk mandi.

"Saya datang dengan ibu saya dan kami berada di lantai 11 hotel," katanya sambil memeluk ibunya berusia 86 tahun, yang menangis.