Pertama Kali, Arab Saudi Wisuda Angkatan Militer Wanita

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 18:22 WIB
A Saudi Arabian flag flies on Saudi Arabias consulate in Istanbul on October 4, 2018. - Jamal Khashoggi, a veteran Saudi journalist who has been critical towards the Saudi government has gone missing after visiting the kingdoms consulate in Istanbul on October 2, 2018, the Washington Post reported. (Photo by OZAN KOSE / AFP)
Ilustrasi bendera Saudi (Foto: AFP/OZAN KOSE)
Jakarta -

Arab Saudi untuk pertama kalinya menggelar upacara wisuda bagi angkatan bersenjata wanita gelombang pertama. Para wanita militer itu lulus dari Pusat Pelatihan Kader Wanita Angkatan Bersenjata.

Dilansir Saudi Gazette, Minggu (5/9/2021) acara wisuda itu digelar pada Rabu (1/9) lalu. Kepala Staf Umum, Jenderal Fayyad Al-Ruwaili hadir dalam upacara wisuda, setelah prajurit wanita itu melakukan kursus dasar individu selama 14 minggu yang dimulai pada 30 Mei lalu.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Angkatan Bersenjata Saudi, Mayjen Adel Al-Balawi, dalam sambutannya mengatakan bahwa pusat pelatihan bertujuan untuk memberikan layanan pelatihan profesional kepada angkatan bersenjata perempuan. Pelatihan itu, kata dia, sangat baik untuk staf wanita Kementerian Pertahanan dan sesuai dengan program standar internasional.

"Pusat ini memiliki misi penting, yaitu menyediakan program pelatihan dan kurikulum yang terkemuka dan lingkungan pendidikan yang ideal sesuai dengan standar kualitas internasional yang memenuhi kebutuhan kader angkatan bersenjata perempuan," kata Al-Balawi.

"Ini bertujuan untuk mencapai kinerja yang lebih baik yang membantu mewujudkan tujuan kementerian di masa depan," katanya.

Penjabat komandan Pusat Pelatihan Kader Wanita Angkatan Bersenjata, Sersan Kepala Suleiman Al-Maliki juga menyampaikan pidatonya pada kesempatan itu. Acara wisuda juga dihadiri oleh Direktur Staf Gabungan Angkatan Bersenjata, Mayjen Hamid Al-Omari dan sejumlah perwira senior Angkatan Bersenjata lainnya.

Asisten Komandan Pusat, Sersan Kepala Hadi Al-Anezi memberikan sumpah kepada para wisudawan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil dan nama-nama wisudawan yang berprestasi dan meraih hadiah.

Pada akhir upacara Kepala Staf Umum, Jenderal Al-Ruwaili mengucapkan terima kasih atas kerja luar biasa dari staf pria dan wanita dari pusat dalam menyelesaikan misi tersebut.

Untuk diketahui, Arab Saudi membuka sektor Angkatan Bersenjata untuk wanita. Arab Saudi mengizinkan wanita dan pria untuk mendaftar melalui peluncuran portal penerimaan terpadu pada bulan Februari tahun ini.

Pangkat militer dari prajurit hingga sersan tersedia untuk wanita di Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata. Wanita Saudi yang berusia 21 dan 40 diizinkan untuk melamar posisi ini.

Simak juga 'Saat Pemerintah Arab Saudi Bebaskan Aktivis Wanita':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/gbr)