Tragis! Bayi Pengungsi Afghanistan Meninggal Setibanya di AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 15:56 WIB
Pesawat militer terakhir AS telah meninggalkan bandara Kabul. Hal itu juga jadi penanda berakhirnya proses evakuasi AS terhadap warga sipil di Afghanistan.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Washington DC -

Sungguh tragis! Seorang bayi dari pengungsi Afghanistan meninggal dunia setelah penerbangan evakuasi yang ditumpanginya mendarat di Amerika Serikat (AS) pekan ini.

Seperti dilansir CNN, Jumat (3/9/2021), bayi pengungsi ini terbang bersama orang tuanya dari Pangkalan Udara Ramstein di Jerman pada Selasa (31/8) waktu setempat, setelah sebelumnya dievakuasi dari Afghanistan yang kini dikuasai kelompok Taliban.

Departemen Pertahanan AS mengumumkan kabar memilukan ini pada Kamis (2/9) waktu setempat.

Disebutkan Departemen Pertahanan AS dalam pernyataannya bahwa pesawat militer C-17 yang mengangkut para pengungsi Afghanistan itu tengah mengudara ketika awak pesawat diberitahu bahwa 'seorang bayi tidak responsif'.

Awak pesawat lantas meminta bantuan medis dan meminta rute kedatangan prioritas pada operator Air Traffic Control (ATC) setempat.

"Penerbangan itu mendarat di Philadelphia sekitar pukul 09.15 EDT. Teknisi medis darurat dan seorang penerjemah mendatangi pesawat, dan anak itu bersama ayahnya dibawa ke sebuah rumah sakit anak di Philadelphia di mana anak itu dinyatakan meninggal dunia," tutur juru bicara Departemen Pertahanan AS, Letnan Kolonel Chris Mitchell, dalam pernyataannya.

"Pikiran dan dia kami bersama orang tua dan keluarganya," imbuhnya.

Simak juga 'Di Italia, Pengungsi Afghanistan Langsung Dapat Vaksin-Tempat Tinggal':

[Gambas:Video 20detik]