Suriah Tembak Jatuh Rudal Israel di Atas Damaskus

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 10:34 WIB
A warplane carries out a bombing run above Syria near the Israeli-Syrian border as it is seen from the Israeli-occupied Golan Heights , Israel July 24, 2018. REUTERS/Ammar Awad
Ilustrasi (dok. REUTERS/Ammar Awad)
Damaskus -

Sistem pertahanan udara Suriah diklaim berhasil menembak jatuh sejumlah rudal yang ditembakkan Israel ke wilayahnya. Rudal-rudal Israel itu ditembak jatuh di langit Damaskus, ibu kota Suriah.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/9/2021), sumber militer Israel yang dikutip kantor berita Suriah menyebut terang-terangan bahwa rudal itu ditembakkan Israel.

"Musuh Israel melancarkan agresi udara dari arah tenggara Beirut (Lebanon-red), menargetkan beberapa titik di sekitar kota Damaskus," sebut sumber militer Suriah tersebut.

Tayangan televisi nasional Suriah menayangkan momen saat sistem pertahanan udara menembak jatuh target-target di atas Damaskus. Tidak disebutkan jumlah rudal yang ditembak jatuh oleh Suriah.

"Pertahanan udara kita mengkonfrontasi rudal-rudal agresor dan menembak jatuh sebagian besar rudal itu, dan kerugian terbatas pada materi," sebut pernyataan televisi nasional Suriah.

Militer Israel menolak untuk mengomentari laporan soal serangan udara di Suriah.

Namun diketahui bahwa sejak konflik Suriah pecah tahun 2011, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara ke wilayah negara tetangganya itu. Kebanyakan serangan udara Israel menargetkan posisi pasukan rezim Suriah juga pasukan Iran dan Hizbullah yang menjadi sekutu rezim Suriah.

Otoritas Israel jarang mengkonfirmasi serangan-serangannya ke Suriah, meskipun secara rutin menegaskan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan Suriah menjadi markas kuat Iran, musuh bebuyutannya.

Lihat juga video 'Israel Bombardir Jalur Gaza':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)