Sosok Amin al-Haq, Orang Dekat Osama bin Laden yang Balik ke Afghanistan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 10:22 WIB
Tandai kematian Osama bin Laden, CIA lontarkan cuitan
Amin al-Haq diketahui pernah menjadi kepala pengawal mendiang Osama bin Laden (dok. BBC)
Kabul -

Amin al-Haq yang dikenal sebagai orang dekat mendiang pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, dilaporkan kembali ke Afghanistan setelah kelompok Taliban berkuasa. Sosok Al-Haq diketahui pernah menjadi kepala unit elite yang mengawal Osama.

Al-Haq yang berkewarganegaraan Afghanistan ini dilaporkan terlihat dalam sebuah video viral di media sosial, yang menunjukkan dia tiba di Provinsi Nangarhar, Afghanistan, pada Senin (30/8) waktu setempat, dengan menggunakan mobil dan disambut penduduk setempat. Beberapa orang bahkan berfoto dengannya.

Seperti dilansir The Sun dan media India, NewsByte, Rabu (1/9/2021), sosok Al-Haq pernah memimpin unit elite yang bertugas melindungi Osama, atau yang dikenal sebagai Black Guard, saat mereka bersembunyi di dalam gua yang digempur pesawat pengebom Amerika Serikat (AS) dan diburu oleh pasukan khusus AS bertahun-tahun lalu.

Menurut informasi pada situs Interpol, Al-Haq yang juga dikenal sebagai Muhammad Amin dan Saam Khan ini lahir tahun 1960 di Nangarhar dan kini berusia 61 tahun. Dia dilaporkan memiliki sejarah panjang terlibat dalam kelompok bersenjata sejak pertempuran melawan pasukan Soviet di Afghanistan tahun 1980-an silam.

Al-Haq diketahui juga seorang dokter, di mana menurut laporan Los Angeles Times, dia merupakan seorang urologis atau dokter spesialis saluran kemih.

Laporan menyebut Al-Haq diduga terlibat dalam lolosnya Osama dari Operasi Anaconda yang dipimpin AS tahun 2002. Sosoknya dilaporkan membantu Osama keluar dari Tora Bora di Afghanistan, lalu menuju Waziristan di Pakistan. Operasi Anaconda yang dilakukan pada Maret 2002 bertujuan memusnahkan atau menangkap Al-Qaeda dan Taliban di Lemba Shahi-Kot dan Pegunungan Arma di Zurmat, Afghanistan.

Meskipun saat itu dikepung, Osama dan Al-Haq berhasil meloloskan diri dengan menyuap para ketua suku dan etnis setempat, hingga akhirnya berhasil menyeberangi perbatasan dan masuk ke wilayah Pakistan.

Simak juga 'Taliban: Perang Berakhir, Afghanistan Rumah Kita bersama':

[Gambas:Video 20detik]