Rekor! India Vaksinasi Corona 10 Juta Warga dalam Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 15:54 WIB
India mencatat kematian akibat virus Covid-19 hingga 400.312 jiwa, Jumat (2/7).  Angka tertinggi terjadi pada hari ini dengan 853 kematian dalam satu hari.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
New Delhi -

Otoritas India melakukan vaksinasi virus Corona (COVID-19) terhadap lebih dari 10 juta orang dalam sehari. Angka ini tercatat saat negara ini tengah meningkatkan pertahanan dalam menghadapi prediksi lonjakan kasus Corona.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (28/8/2021), Kementerian Kesehatan India mengumumkan bahwa angka 10 juta vaksinasi Corona dalam sehari itu tercatat pada Jumat (27/8) waktu setempat.

Ini menjadi momen pertama angka vaksinasi harian di India menembus 10 juta, dan menggeser rekor sebelumnya dengan 9,2 juta vaksinasi Corona dalam sehari.

Pemerintah India dihujani kritikan setelah gelombang Corona yang parah pada April dan Mei lalu merenggut lebih dari 200.000 nyawa.

Menanggapi angka vaksinasi harian yang mencetak rekor, Perdana Menteri (PM) Narendra Modi memujinya sebagai 'pencapaian penting' untuk negara berpenduduk 1,3 miliar juta jiwa ini.

"Selamat bagi mereka yang sudah divaksinasi dan mereka yang menjadikan vaksinasi berhasil," ucapnya via Twitter.

Pemerintah India menargetkan untuk memvaksinasi sekitar 1,1 miliar warga dewasa pada akhir tahun ini. Namun kekurangan pasokan vaksin, kebingungan administrasi dan keraguan warga menahan laju vaksinasi. Sejak Januari hingga saat ini, baru sekitar 15 persen warga yang telah disuntik dua dosis vaksin Corona.