Dubes RI Promosikan Pancasila pada Pemimpin Umat Katolik Panama

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 16:16 WIB
KBRI Panama
Foto: KBRI Panama City

"Saya sangat tertarik dengan penjelasan Duta Besar mengenai Pancasila. Pertemuan hari ini memberikan saya nuansa baru. Apalagi saat ini, Panama masih mencari simbol/falsafah yang kuat untuk mempersatukan bangsa Panama yang juga memiliki keberagaman tinggi. Saat ini, Panama masih menganggap Kanal Panama sebagai simbol untuk mempersatukan" ujar Uskup Agung.

"Terkait falsafah untuk mempersatukan bangsa, saya menawarkan usulan kepada Uskup Agung agar dapat menyuarakan penggunaan falsafah 'Bhinneka Tunggal Ika', yang artinya berbeda namun tetap satu, sebagai satu opsi pemikiran untuk meningkatkan rasa persatuan," kata Dubes Sukmo.

Uskup Agung Panama juga mengagumi Batik yang dipakai Duta Besar dan Pendamping dan mengakui bahwa dirinya mengetahui sekelumit tentang Indonesia melalui para Pastur Indonesia yang bekerja di Panama.

"Sampai saat ini, ada 7 (tujuh) Pastur dari Indonesia yang bekerja di Panama, yakni 2 (dua) di Kota Panama, Provinsi Panama, 2 (dua) di David, Provinsi Chiriqui, dan 3 (tiga) di Isla de Colon, Bocas del Toro. Mereka sudah melayani umat Katolik di Panama selama antara 3 sampai dengan 25 tahun," jelas Rheinhard Sinaga, Counsellor Protokol dan Konsuler.

Di akhir pertemuan, Duta Besar Sukmo Harsono menyampaikan rencana kerja sama untuk mempertemukan pimpinan nasional organisasi keagamaan di Indonesia dan Panama. Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan tahun 2022 secara tatap muka ataupun secara virtual.


(ita/ita)