Tak Bisa Lagi Jadi Presiden Filipina, Duterte Calonkan Diri Jadi Wapres

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 16:58 WIB
Jakarta -

Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan dia akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden tahun depan untuk melanjutkan perangnya melawan narkoba dan pemberontak.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (25/8/2021), Duterte, yang terpilih pada 2016 dan dilarang oleh konstitusi untuk mencalonkan diri lagi, sebelumnya telah menyatakan kemungkinan untuk memperebutkan jabatan tertinggi kedua di negara itu.

"Saya akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden," kata Duterte membenarkan pengumuman sebelumnya oleh partainya, PDP-Laban bahwa dia telah setuju untuk memperebutkan posisi itu.

"Lalu saya akan melanjutkan perang. Saya khawatir tentang narkoba, pemberontakan -- yah, nomor satu adalah pemberontakan, lalu kriminalitas, narkoba," ujar Duterte.

"Saya mungkin tidak memiliki kekuatan untuk memberikan arahan atau bimbingan, tetapi saya selalu dapat mengungkapkan pandangan saya di depan umum," imbuhnya.

Sejak menjadi presiden, Duterte telah melancarkan kampanye berdarah terhadap pengguna dan pengedar narkoba, yang menurut kelompok hak asasi manusia telah menewaskan puluhan ribu orang.

Jaksa Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) berusaha untuk meluncurkan penyelidikan penuh atas rentetan pembunuhan tersebut.