Kisah Tragis Pesepakbola Afghanistan Tewas Usai Berpegangan ke Pesawat AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 09:39 WIB
zaki anwari afghanistan taliban
Foto: Twitter @FIFPro
Jakarta -

Seorang pesepakbola Afghanistan yang bermain untuk tim pemuda nasional, tewas terjatuh setelah mencoba berpegangan pada pesawat Amerika Serikat yang mengangkut orang-orang yang keluar dari Kabul, Afghanistan.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (20/8/2021), Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan, lembaga pemerintah yang bekerja dengan kelompok-kelompok olahraga, mengkonfirmasi kematian Zaki Anwari dalam kekacauan yang meletus di bandara Kabul minggu ini sesaat setelah kelompok Taliban kembali berkuasa.

"Anwari, seperti ribuan pemuda Afghanistan, ingin meninggalkan negara itu tetapi jatuh dari pesawat AS dan meninggal," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook.

Ribuan warga Afghanistan telah berbondong-bondong ke bandara Kabul minggu ini dalam upaya untuk melarikan diri dari negara itu, menyusul serangan kilat Taliban yang berakhir dengan mereka mengambil alih kekuasaan ketika Presiden Ashraf Ghani melarikan diri.

Dalam sebuah video mengerikan dari bandara Kabul pada hari Senin (16/8), ratusan orang terlihat berlari di samping pesawat Angkatan Udara AS saat pesawat itu melaju kencang di landasan pacu. Tampak beberapa pria mati-matian berpegangan di samping pesawat.

Klip-klip video lebih lanjut yang diposting di media sosial menunjukkan dua orang terjatuh dari pesawat C-17 tersebut setelah lepas landas.

Militer AS mengkonfirmasi bahwa beberapa jasad kemudian ditemukan di tempat roda pesawat tersebut. Disebutkan bahwa militer AS sedang menyelidiki sejumlah kematian yang dilaporkan terkait dengan C-17.

Simak video 'Nekat Gelantungan di Pesawat, 3 Orang Afghanistan Tewas Terjatuh':

[Gambas:Video 20detik]