Kebakaran Hutan di Prancis: 2 Orang Tewas, Ribuan Warga Mengungsi

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 01:16 WIB
Paris -

Kebakaran hebat terjadi di dekat resor mewah Riviera Saint-Tropez, Prancis. Akibatnya 2 orang tewas dan ribuan warga mengungsi.

Dilansir dari AFP, kebakaran di dekat Saint-Tropez tersebut menghanguskan sekitar 5.000 hektare hutan, kebun anggur, hingga sejumlah fauna di Plaine des Maures, Senin (17/8).

"Kami akan melakukan pekerjaan dasar yang sama seperti kemarin dengan menyemprot air di tempat-tempat kritis," kata juru bicara dinas pemadam kebakaran Prancis, Franck Graciano, Rabu (19/8/2021).

Pejabat senior damkar, Evence Richard mengatakan dua orang ditemukan dalam kondisi tewas. Salah satu jasad yang ditemukan dalam keadaan hangus.

Para penyelidik berusaha mengidentifikasi jasad tersebut. Namun petugas menemui kendala karena jasad itu sudah tidak berbentuk.

"Tidak ada yang bisa menunjukkan apakah itu laki-laki atau perempuan. Rumah itu benar-benar habis dilalap api," kata jaksa Patrice Camberou.

24 orang mengalami luka ringan dalam insiden kebakaran ini, termasuk di antaranya 5 petugas pemadam kebakaran. Adapun ribuan orang yang dievakuasi.

Diketahui, sekitar 1.200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan. Petugas menggunakan menyemprot air dari pesawat dan helikopter untuk mengendalikan api.

(isa/isa)