Pesawat Militer Afghanistan Jatuh di Uzbekistan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 22:20 WIB
Ilustrasi (REUTERS/Eric Gaillard)
Foto: Ilustrasi kecelakaan pesawat (REUTERS/Eric Gaillard)
Termez -

Sebuah pesawat militer Afghanistan jatuh di Uzbekistan. Pesawat tersebut dilaporkan jatuh saat melintas di perbatasan.

"Pesawat militer secara ilegal melintasi perbatasan Uzbekistan. Penyelidikan sedang berlangsung," kata Juru Bicara Kementerian Bakhrom Zulfikarov, seperti dilansir AFP, Senin (16/8/2021).

Pernyataan Zulfikarov itu membenarkan laporan media Uzbekistan tentang kecelakaan yang terjadi Minggu malam di provinsi selatan Uzbekistan, Surkhondaryo, yang berbatasan dengan Afghanistan. Zulfikarov mengatakan kementerian akan menyiapkan pernyataan tentang kecelakaan itu.

Bekpulat Okboyev, seorang dokter di provinsi Surkhondaryo, mengatakan kepada AFP bahwa rumah sakitnya telah menerima 2 pasien yang mengenakan seragam militer Afghanistan pada Minggu malam. Bekpulat menggambarkan salah satu pasien datang 'dengan parasut' dan menderita patah tulang.

Asia Tengah telah menyaksikan dengan waspada ketika pemerintah Afghanistan telah runtuh. Tiga negara bekas Soviet--Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan--berbatasan dengan negara itu.

Pada Minggu (15/8), Uzbekistan mengatakan 84 tentara Afghanistan telah ditahan karena melintasi perbatasan. Mereka sedang bernegosiasi dengan Afghanistan mengenai kembalinya tentara.

(fas/idn)