Militer AS Amankan Bandara Kabul, Personel Kedutaan Dievakuasi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 10:22 WIB
Helikopter Chinook AS tampak terbang di langit Ibu Kota Afghanistan. Aktivitas helikopter itu diketahui terkait evakuasi diplomat AS dan warga sipil Afghanistan
helikopter AS mengitari wilayah kabul (Foto: AP Photo/Rahmat Gul)
Jakarta -

Militer Amerika Serikat telah mengamankan perimeter bandara Kabul, Afghanistan. Departemen Luar Negeri (Deplu) AS menambahkan bahwa Kedutaan Besar AS di ibu kota Afghanistan itu telah sepenuhnya dievakuasi.

"Semua personel kedutaan berada di lokasi Bandara Internasional Hamid Karzai, yang perimeternya diamankan oleh militer AS," kata juru bicara Deplu AS Ned Price dalam sebuah pernyataan, beberapa jam setelah kelompok Taliban menguasai Kabul.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (16/8/2021), pejabat-pejabat AS mengatakan bahwa pihaknya telah menurunkan bendera di kedutaan besarnya di Kabul dan telah memindahkan hampir semua staf ke bandara, di mana pasukan AS mengambil alih kontrol lalu lintas udara.

"Kami sedang menyelesaikan serangkaian langkah untuk mengamankan Bandara Internasional Hamid Karzai untuk memungkinkan keberangkatan aman personel AS dan sekutu dari Afghanistan melalui penerbangan sipil dan militer," kata Pentagon dan Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan bersama.

"Hampir semua personel kedutaan telah dipindahkan ke bandara termasuk Plt Duta Besar, Ross Wilson, yang tetap berhubungan dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken," kata Price.

"Bendera Amerika telah diturunkan dari kompleks kedutaan AS dan sekarang ditempatkan dengan aman bersama para staf kedutaan," kata juru bicara Deplu AS itu.

Dengan kecepatan yang menakjubkan, Taliban merebut kembali Afghanistan dalam waktu kurang dari seminggu setelah Presiden AS Joe Biden memulai penarikan terakhir pasukan, setelah selama 20 tahun berada di Afghanistan.