Kebakaran Hutan di Yerusalem, Penduduk Desa Dievakuasi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 04:26 WIB
Heavy smoke and flames rise from a forest fire on the Jerusalem mountains near the Israeli village of Moshav Shoresh, on August 15, 2021. - Residents of several villages on the outskirts of Jerusalem were evacuated Sunday due to a large forest fire, Israeli police said. Firefighters supported by firefighting aircraft were working to put out the blaze, as smoke was visible from much of the city. (Photo by Menahem KAHANA / AFP)
Kebakaran hutan di Yerusalem (Foto: AFP/MENAHEM KAHANA)
Yerusalem -

Kebakaran hutan besar terjadi di Yerusalem, Israel. Penduduk beberapa desa di sebelah barat Yerusalem itu dievakuasi.

Dilansir AFP, Senin (16/8/2021) petugas pemadam kebakaran yang didukung oleh pesawat pemadam kebakaran sedang berupaya untuk memadamkan api. Asap hitam tampak menutupi langit di sebagian besar kota.

Polisi setempat mengatakan api mengancam desa Beit Meir, Shoeva, Kissalon, Guvat Yearim dan Ramat Raziel di sebelah barat Yerusalem. Desa-desa itu terletak dekat dengan jalan raya utama yang menghubungkan kota dengan ibu kota komersial Israel Tel Aviv.

Polisi mengatakan warga dievakuasi dan beberapa jalan diblokir.

"Ini adalah salah satu kebakaran terbesar di wilayah Yerusalem dalam beberapa tahun terakhir," kata kepala pemadam kebakaran setempat, Nissim Touitou.

Juru bicara dinas pemadam kebakaran Yerusalem mengatakan angin kencang memperparah kebakaran. Pihaknya juga petugas pemadam kebakaran dari beberapa daerah untuk membantu.

Kebakaran juga terjadi di daerah ini sekitar seminggu yang lalu. Api dengan cepat mampu dikendalikan.

Belum diketahui penyebab kebakaran kali ini.

Yitzhak Ravitz, walikota Kyriat Yearim di dekat desa-desa yang terkena dampak, mengatakan kepada radio publik "pintu kota terbuka ... untuk semua keluarga yang membutuhkan perlindungan," katanya.

Seorang juru bicara kantor Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan dia telah mengadakan pertemuan khusus dengan pejabat keamanan.

Beberapa negara Mediterania lainnya mengalami kebakaran hutan di tengah suhu yang melonjak dalam beberapa pekan terakhir, termasuk Yunani, Turki dan Aljazair.

(lir/lir)